Cara Membuat 2 Video Dalam 1 Video

Cara Membuat 2 Video Dalam 1 Video – Pernah melihat video yang di pojok ada tambahan video kecil seperti di tv? Tulisan kali ini akan membagi tutorialnya. Cara membuat video didalam video menggunakan software Camtasia Studio 8. Ada berbagai macam software video editing yang bisa membuatnya. Namun berhubung di PC saya sudah terinstal Camtasia yang biasa saya gunakan untuk merekam aktifitas layar, jadi saya gunakan Camtasia sebagai contohnya. Pada tutorial kali ini saya juga sertakan berupa video cara membuatnya agar mudah dalam mempelajarinya.

Kita asumsikan anda sudah punya dan terinstal di pc. Langkah-langkah cara membuat 2 video dalam 1 video adalah sebagai berikut:

Persiapan:
2 buah video (satu video untuk layar utama dan satu lagi video yang akan kita masukan di pojok video utama). Silahkan lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas. Sebelum itu, mungkin anda mau membaca artikel entertechno yang berkaitan dengan tulisan ini Aplikasi Video Editor Android Cocok Buat Pemula.

Tutorial Input Video Klip Kecil Kedalam Video

Gambar 1 - cara membuat 2 video dalam 1 video
Import media atau 2 video yang sudah kita persiapkan kedalam clip bin.

Gambar 2 - cara membuat 2 video dalam 1 video
Masukan video utama ke track 1

Gambar 3 - cara membuat 2 video dalam 1 video
Tambahkan sebuah track lagi untuk video kedua (insert track lihat gambar)

Gambar 4 - cara membuat 2 video dalam 1 video
Atur ukuran serta posisi video yang akan dimasukkan ke dalam video. Pada contoh gambar diatas, video berukuran kecil saya posisikan di pojok kanan bawah.

Gambar 5 - cara membuat 2 video dalam 1 video
Lihat hasilnya, jika sudah selesai tinggal disave dan publish video.

cara membuat 2 video dalam 1 video
Hasilnya akan seperti gambar diatas.

Contoh diatas hanya dasar dari penggabungan dua video saja. Agar video karya kita tambah bagus, bisa dimasukan intro, audio, transisi klip dan lain-lain. Semuanya tinggal bagaimana kreatifitas kita dalam membuatnya. Anda bisa coba-coba dari berlatih yang mudah dulu kemudian baru menambahkan berbagai macam efek. Banyak sekali efik yang bisa digunakan atau ditambahkan, sesuaikan saja dengan tema video yang anda buat.

Jika kurang jelas, saya sudah membuatkan tutorial memasukan video ke dalam video yang sudah saya unggah ke youtube. Yuk ditonton video tutorialnya:

Hasilnya seperti yang sering kita lihat di siaran televisi, ada screen kecil di pojok bawah monitor. Selamat mencobanya kawan, semoga cara membuat 2 video dalam 1 video ini bisa membantu anda membuat video unik yang agak berbeda dari biasanya.